Kamis, 17 Januari 2013

Skala Bayley


Skala Perkembangan Bayi Bayley (Bayley Scales of Infant Development), yang dikembangkan oleh Nancy Bayley (1969), digunakan secara luas dalam pengukuran perkembangan bayi. Versi terbaru memiliki tiga komponen: skala mental, skala motorik, dan profil perilaku bayi. Versi awal skala Bayley ini hanya meliput tahun pertama perkembangan; pada tahun 1950-an, skala ini diperluas untuk mengukur bayi-bayi yang lebih tua. Pada tahun 1993, skala Bayley II dipublikasikan dengan diperbaharuinya norma-norma pengukuran diagnostik (norms for diagnostic assessment) pada usia yang lebih muda. Karena diskusi kita berpusat pada perkembangan kognitif bayi, minat utama kita ialah pada skala mental Bayley, yang meliputi pengukuran sebagai berikut:
·         Perhatian pendengaran dan penglihatan terhadap rangsangan yang diberikan
·         Manipulasi, seperti mengkombinasikan benda-benda atau menggoyang-goyangkan suatu mainan yang dapat menghasilkan bunyi
·         Interaksi dengan penguji, seperti ketika bayi mulai mengoceh dan menirukan mimik wajah
·         Interaksi dengan mainan, seperti memukul-mukulkan sendok bersama-sama
·         Memori yang digunakan atas keberadaan sebuah benda, seperti ketika bayi menemukan suatu mainan yang disembunyikan
·         Perilaku yang diarahkan kepada tujuan yang melibatkan ketekunan, seperti menempatkan pasak di atas suatu bidang
·         Kemampuan mengikuti perintah dan pengetahuan tentang nama dan jumlah benda-benda, seperti memahami konsep bilangan “satu”
Tes yang tersusun dengan amat baik untuk tingkat usia paling dini adalah skala Bayley untuk perkembangan bayi. Skala-skala Bayley-II memberikan tiga alat komplementer untuk menilai status perkembangan anak di antara umur 1 bulan dan 31/2 tahun:
1)      Mental Scale
Skala mental mengambil sampel, misalnya ketajaman sensorik dan perseptual, memori, proses belajar, pemecahan masalah, vokalisasi, permulaan komunikasi verbal, dan pemikiran abstrak yang mendasar.
2)      Motor Scale
Skala motor melakukan pengukuran kemampuan motorik yang besar, misalnya duduk, berdiri, berjalan dan menaiki tangga, seperti halnya juga keterampilan manipulasi tangan dan jari; soal-soal yang menilai integrasi sensorik dan perseptual-motorik juga termasuk dalam skala motor ini.
3)      Behavior Rating Scale
Skala peringkat perilaku dirancang untuk menaksir berbagai aspek perkembangan kepribadian, seperti perilaku emosional dan sosial, rentang dan pembangkitan perhatian, ketekunan dan keterarahan pada sasaran. Bayley mengamati bahwa skala-skalanya, seperti semua tes bayi, seharusnya digunakan, terutama untuk menaksir status perkembangan dewasa inidaripada untuk memprediksi tingkat-tingkat kemampuan selajutnya. Perkembangan kemapuan pada usia dini ini rentan terhadap begitu banyak pengaruh yang mengganggu sehingga memberikan prediksi yang bernilai kecil. Aylward (1995) telah mempersiapkan Bayley Infant Neurodevelopmental Screener (BINS), pengukuran yang dirancang untuk dengan cepat menilai anak-anak dari 3 samapi 24 bulan dengan cepat, dengan menggunakan kombinasi antara 11 dan 13 soal dri Bayley-II dan tes-tes neurologis lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar