Skala Perkembangan
Bayi Bayley (Bayley Scales of Infant Development), yang dikembangkan oleh Nancy
Bayley (1969), digunakan secara luas dalam pengukuran perkembangan bayi. Versi
terbaru memiliki tiga komponen: skala mental, skala motorik, dan profil
perilaku bayi. Versi awal skala Bayley ini hanya meliput tahun pertama
perkembangan; pada tahun 1950-an, skala ini diperluas untuk mengukur bayi-bayi
yang lebih tua. Pada tahun 1993, skala Bayley II dipublikasikan dengan
diperbaharuinya norma-norma pengukuran diagnostik (norms for diagnostic
assessment) pada usia yang lebih muda. Karena diskusi kita berpusat
pada perkembangan kognitif bayi, minat utama kita ialah pada skala mental
Bayley, yang meliputi pengukuran sebagai berikut:
·
Perhatian
pendengaran dan penglihatan terhadap rangsangan yang diberikan
·
Manipulasi,
seperti mengkombinasikan benda-benda atau menggoyang-goyangkan suatu mainan
yang dapat menghasilkan bunyi
·
Interaksi
dengan penguji, seperti ketika bayi mulai mengoceh dan menirukan mimik wajah
·
Interaksi
dengan mainan, seperti memukul-mukulkan sendok bersama-sama
·
Memori
yang digunakan atas keberadaan sebuah benda, seperti ketika bayi menemukan
suatu mainan yang disembunyikan
·
Perilaku
yang diarahkan kepada tujuan yang melibatkan ketekunan, seperti menempatkan
pasak di atas suatu bidang
·
Kemampuan
mengikuti perintah dan pengetahuan tentang nama dan jumlah benda-benda, seperti
memahami konsep bilangan “satu”
Tes yang tersusun dengan amat baik untuk tingkat usia paling dini adalah
skala Bayley untuk perkembangan bayi. Skala-skala Bayley-II memberikan tiga
alat komplementer untuk menilai status perkembangan anak di antara umur 1 bulan
dan 31/2 tahun:
1)
Mental Scale
Skala mental mengambil sampel, misalnya ketajaman sensorik dan
perseptual, memori, proses belajar, pemecahan masalah, vokalisasi, permulaan
komunikasi verbal, dan pemikiran abstrak yang mendasar.
2)
Motor Scale
Skala motor melakukan pengukuran kemampuan motorik yang besar, misalnya
duduk, berdiri, berjalan dan menaiki tangga, seperti halnya juga keterampilan
manipulasi tangan dan jari; soal-soal yang menilai integrasi sensorik dan
perseptual-motorik juga termasuk dalam skala motor ini.
3)
Behavior Rating Scale
Skala peringkat perilaku dirancang untuk
menaksir berbagai aspek perkembangan kepribadian, seperti perilaku emosional
dan sosial, rentang dan pembangkitan perhatian, ketekunan dan keterarahan pada
sasaran. Bayley mengamati bahwa skala-skalanya, seperti semua tes bayi,
seharusnya digunakan, terutama untuk menaksir status perkembangan dewasa
inidaripada untuk memprediksi tingkat-tingkat kemampuan selajutnya.
Perkembangan kemapuan pada usia dini ini rentan terhadap begitu banyak pengaruh
yang mengganggu sehingga memberikan prediksi yang bernilai kecil. Aylward
(1995) telah mempersiapkan Bayley Infant Neurodevelopmental Screener (BINS),
pengukuran yang dirancang untuk dengan cepat menilai anak-anak dari 3 samapi 24
bulan dengan cepat, dengan menggunakan kombinasi antara 11 dan 13 soal dri
Bayley-II dan tes-tes neurologis lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar