Sabtu, 26 Januari 2013

POSISI MENYUSUI YANG BENAR




a.       Cradle  hold
Gunakan batal sebagai tunpuan tubuh bayi. Siku dan lengan ibu menompang kepala bayi, sementara telapak tangan melindungi sisi tubuh bayi (seperti mendekap). Posisi seperti ini sangat cocok untuk bayi baru lahir atau diawal-awal kelahiran bayi.
b.      Cross cradle hold
Siku tangan ibu digunakan untuk melindungi sisi bayi, sementara telapak tangan digunakan untuk menumpu kepala bayi. Posisi menyusui seperti ini sangat baik digunakan untuk ibu yang memiliki puting payudara kecil atau bayi prematur. Karena ibu bisa mengontrol penuh tubuh bayi.
c.       Footbal hold
Posisi dibawah ketiak atau lengan ini juga bisa menjadi alternatif ibu. Tangan ibu memegang kepala bayi dengan tumpuan batal dibawahnya, sementara lengan ibu sambil melindungi punggung bayi.
d.      Lying down
Posisi menyusui sambil berbaring seperti ini adalah posisi yang sangat dianjurkan ketika ibu belum bisa duduk setelah operasi caesar atau juga pada saat ibu kelelahan. Namun perlu diingat, jangan sampai hidung bayi anda tetutupi oleh payudarah anda, sehingga bayi sulit bernafas. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan anda tetap menjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar