Kamis, 17 Januari 2013

REFLEK-REFLEK PADA BAYI





Refleks primitif bayi
Anak yang baru lahir mempunyai sejumlah refleks. Mereka merupakan dasar bagi bayi dalam koordinasi fisik mengadakan reaksi serta tindakan yang aktif. Beberapa dari reflek-reflek ini akan menghilang dalam waktu dalam waktu tertentu, reflek inilah yang disebut reflek primitif bayi / reflek anak menusu. Reflek primitif bersifat fisiologi / alami yang muncul secara otomatis dan akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia anak, karena bersifat sementara reflek ini juga biasa di sebut refleks sementara.Berikut berbagai macam Refleks
1)      Refleks Moro
Timbul oleh rangsang yang mendadak / mengejutkan. Bayi akan mengembangkan tanganya ke samping dan melebarkan jari-jarinya kemudian menarik tangannya kembali dengan cepat seperti ingin memeluk seseorang.Muncul sejak lahir, akan mereda 1 atau 2 minggu dan minghilang setelah 6 bulan. Biasanya refleks ini diikuti dengan tangisan bayi. Jika refleks ini timbul, menunjukkan terjadinya ketidak matangan otak dan retardasi mental
2)      Refleks Babinski
Tampak dengan mengusap / menekan bagian menonjol dari dasar jari di telapak kaki bayi keatas dan jari-jari membuka.
Dapat berlanjut hingga 8 bulan, dan menghilang setelah 9-12 bulan
3)      Refleks Menciun ( Rooting refleks )
Kepala bayi akan berpaling memutar ke arah usapan dan mencari puting susu dengan bibirnya, Refleks ini untuk mencari makanan.
Reflek ini berlanjut sementara bayi masih menyusu dan menghilang setelah 3-4 bulan.
4)      Refleks Hisap ( Sacking Refleks )
Ditimbulkan oleh rangasangan pada daerah mulut atau pipi bayi dengan puting / tangan. Bibir bayi akan maju ke depan dan lidah melingkar ke dalam untuk menyedot.
Paling kuat pada 4 bulan pertama dan memudar setelah 6 bulan dan secara bertahap melebur dengan kegiatan yang disadari
5)      Refleks Genggam ( Palmar Grasp Refleks )
Timbul bila kita mengoreskan jari melalui bagian dalam atau meletakkan jari kita pada telapak tangan bayi. Jari-jari bayi akan melingkar ke dalam seolah memegangi suatu benda dengan kuat.
Biasanya reflek ini menghilang sekitar 4 bulan
6)      Tonick Neck Refleks
Meruapakan refleks mempertahankan posisi leher / kepala. Timbul bila kita membaringkan bayi secara telentang. Kepala bayi secara akan berpaling ke salah satu sisi sementara ia berbaring terlentang. Lengan pada sisi kemana kepalanya beraling akan terlentang terlentang lurus keluar, sedangkan tangan lainnya dilipat / ditekuk.
Refleks ini sangat nyata pada 2 atau 3 bulan dan menghilang sekitar 4 bulan.
7)      Refleks Melangkah ( Stepping Refleks )
Timbul ketika kita memegangi bayi pada posisi berdiri dan sedikit menekan. Bayi akan mengangkat kakinya secara bergantian seakan -akan berjalan.
Refleks ini mulai berkurang setelah 1 minggu dan akan menghilang setelah 2 bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar