Rabu, 05 Februari 2014

SAP di thalasemia aktivity daily

SATUAN ACARA PENYULUHAN
ACTIVITY DAILY PADA ANAK THALASEMIA
DI RUANG THALASEMIA RSUD TANGERANG

Tugas Kelompok Stase Keperawatan Anak
Program Pendidikan Profesi Keperawatan (Ners) UMT


Di susun oleh:
Ariska indah suhandini, S.Kep
Feri rohamanudin, S.Kep
Nurul Hafizah, S.Kep
Teguh santoso, S.Kep
M. slamet, S.Kep




PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS I
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
SATUAN ACARA PENYULUHAN

I.                   PENGANTAR
1.      Pokoh Bahasan: Activity Daily
2.      Sub Pokok Bahasan: Activity Daily Pada Anak Thalasemia
3.      Hari/ Tanggal: Kamis, 30 Januari 2014
4.      Sasaran: Anak Yang Menderita Thalasemia
5.      Tempat: Ruang Thalasemia
6.      Waktu: 09.00s/d10.00

II.                TUJUAN INTRUKSIONAL UMUM
Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan diharapkan orang tua dapat memahami dan mengerti tentang acitivty daily pad anak thalasemia.

III.             TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan orang tua dapat mengerti dan menjelaskan kembali:
1.      Masalah yang terjadi pada anak yang menderita thalasemia
2.      Aktifitas yang boleh dilakukan pada anak yang menderita thalasemia
3.      Aktifitas yang harus dibatasi pada anak yang menderita thalasemia

IV.             MATERI
Terlampir

V.                METODE
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab

VI.             MEDIA
1.      Lembar bolak-balik
2.      Leaflet


VII.          KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Waktu
Kegiatan Penyuluhan
Kegiatan Peserta
1
2 menit
Pembukaan:
1.      Memberikan salam
2.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
3.      Menyebutkan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan
Menjawab salam
Mendengarkan dan memperhatikan
2
15 menit
Pelaksanaan:
Menjelaskan materi penyuluhan secara berurutan dan teratur
Materi:
1.      Masalah pada anak yang menderita talasemia
2.      Aktifitas yang boleh dilakukan pada anak yang menderita talasemia
3.      Aktifitas yang dibatasi pada anak yang menderita talasemia
Menyimak dan memperhatikan
3
9 menit
Penutup:
1.      Menutup pertemuan
2.      Memberikan kesempatan orangtua atau anak untuk bertanya
3.      Menanyakan kembali mengenai penjelasan yang telah diberikan
4.      Memberikan reinforcement/ pujian
5.      Memberikan leaflet
Mengajukan pertanyaan lisan

1.      Evaluasi proses
Selama penyuluhan berlangsung diharapkan orang tua akan:
a.       Memperhatikan serta menyimak materi yang disampaikan
b.      Kooperatif dari antusias
c.       Mengerti dan memahami isi materi


2.      Evaluasi hasil
Setelah dilakukan penyuluhan diharapkan orang tua mampu:
a.       Menyebutkan kembali masalah yang terjadi pada anak yang menderita talasemia
b.      Menyebutkan kembali minimal 3 aktifitas yang boleh dilakukan pada anak yang menderita talasemia

c.       Menyebutkan kembali minimal 3 aktifitas yang dibatasi pada anak yang menderita talasemia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar