SATUAN ACARA PENYULUHAN
ACTIVITY DAILY PADA ANAK THALASEMIA
DI RUANG THALASEMIA RSUD TANGERANG
Tugas Kelompok
Stase Keperawatan Anak
Program Pendidikan
Profesi Keperawatan (Ners) UMT
Di susun oleh:
Ariska indah
suhandini, S.Kep
Feri
rohamanudin, S.Kep
Nurul Hafizah,
S.Kep
Teguh santoso,
S.Kep
M. slamet, S.Kep
PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI NERS I
FAKULTAS
ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH TANGERANG
SATUAN ACARA PENYULUHAN
I.
PENGANTAR
1. Pokoh
Bahasan: Activity Daily
2. Sub
Pokok Bahasan: Activity Daily Pada Anak Thalasemia
3. Hari/
Tanggal: Kamis, 30 Januari 2014
4. Sasaran:
Anak Yang Menderita Thalasemia
5. Tempat:
Ruang Thalasemia
6. Waktu:
09.00s/d10.00
II.
TUJUAN
INTRUKSIONAL UMUM
Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan
diharapkan orang tua dapat memahami dan mengerti tentang acitivty daily pad
anak thalasemia.
III.
TUJUAN
INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan
orang tua dapat mengerti dan menjelaskan kembali:
1. Masalah
yang terjadi pada anak yang menderita thalasemia
2. Aktifitas
yang boleh dilakukan pada anak yang menderita thalasemia
3. Aktifitas
yang harus dibatasi pada anak yang menderita thalasemia
IV.
MATERI
Terlampir
V.
METODE
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
VI.
MEDIA
1. Lembar
bolak-balik
2. Leaflet
VII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No
|
Waktu
|
Kegiatan
Penyuluhan
|
Kegiatan
Peserta
|
1
|
2 menit
|
Pembukaan:
1.
Memberikan salam
2.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
3.
Menyebutkan materi/ pokok bahasan
yang akan disampaikan
|
Menjawab salam
Mendengarkan dan
memperhatikan
|
2
|
15 menit
|
Pelaksanaan:
Menjelaskan materi
penyuluhan secara berurutan dan teratur
Materi:
1.
Masalah pada anak yang menderita
talasemia
2.
Aktifitas yang boleh dilakukan
pada anak yang menderita talasemia
3.
Aktifitas yang dibatasi pada anak
yang menderita talasemia
|
Menyimak dan
memperhatikan
|
3
|
9 menit
|
Penutup:
1.
Menutup pertemuan
2.
Memberikan kesempatan orangtua
atau anak untuk bertanya
3.
Menanyakan kembali mengenai
penjelasan yang telah diberikan
4.
Memberikan reinforcement/ pujian
5.
Memberikan leaflet
|
Mengajukan pertanyaan
lisan
|
1.
Evaluasi
proses
Selama penyuluhan berlangsung diharapkan
orang tua akan:
a. Memperhatikan
serta menyimak materi yang disampaikan
b. Kooperatif
dari antusias
c. Mengerti
dan memahami isi materi
2.
Evaluasi
hasil
Setelah dilakukan penyuluhan diharapkan
orang tua mampu:
a. Menyebutkan
kembali masalah yang terjadi pada anak yang menderita talasemia
b. Menyebutkan
kembali minimal 3 aktifitas yang boleh dilakukan pada anak yang menderita
talasemia
c. Menyebutkan
kembali minimal 3 aktifitas yang dibatasi pada anak yang menderita talasemia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar